blog-indonesia.com

27 Jul 2010

PSIKOLOGI ANALISIS (GUSTAV YOUNG)

PSIKOLOGI ANALISIS
(GUSTAV YOUNG)


A. Sejarah singkat
Dikenal mengembangkan Analytical Psychology. Sebagai murid Freud, Jung juga mengajukan keberatan terhadap beberapa konsep utama Freud yang menyebabkan hubungan keduanya renggang dan retak. Perbedaan utama Jung dan Freud terletak pada pandangan mereka tentang ketidaksadaran. Meskipun keduanya sama-sama menekankan ketidaksadaran sebagai penentu perilaku manusia (bahkan Jung lebih kuat dalam hal ini), tapi mereka berbeda posisi tentang asal ketidaksadaran ini. Freud mengatakan bahwa unsur seksual adalah faktor utama dan dominan dalam ketidaksadaran sementara Jung sangat tidak setuju dgn pandangan ini dan menyatakan bahwa sumber ketidaksadaran adalah warisan dari nenek moyang sehingga sifatnya sosial dan tergantung kelompok ras
Jung lahir di Swiss, ayahnya adalah pendeta dan unsur religius nantinya akan banyak berperan dalam pemikiran-pemikirannya. Ia belajar kedokteran di Universitas Basel, lulus 1900. Kemudian ia ditunjuk bekerja di klinik psikiatri Universitas Zurich tahun 1909. Ia adalah ketua pertama International Psychoanalitic Association tahun 1911. Tahun 1914 ia mengundurkan diri dari posisinya tersebut dan mendirikan analytical psychology. Pada tahun 1920an ia banyak melakukan ekspedisi lapangan ke Afrika dan Amerika Selatan sambil meneliti dan mengembangkan teorinya. Ekspedisi ini secara signifikan mempengaruhi teori-teorinya yang kental unsur budayanya. Tahun 1948 C.G. Jung Institute didirikan di Zurich untuk mengembangkan teorinya dan teknik terapinya.
Jung menekankan pada aspek ketidaksadaran dengan konsep utamanya, collective unconscious. Konsep ini sifatnya transpersonal, ada pada seluruh manusia. Hal ini dpt dibuktikan melalui struktur otak manusia yang tidak berubah. Collective unconscious terdiri dari jejak ingatan yang diturunkan dari generasi terdahulu, cakupannya sampai pada masa pra-manusia. Misalnya, cinta pada orangtua, takut pada binatang buas,dan lain-lain. Collective unconscious ini menjadi dasar kepribadian manusia karena didalamnya terkandung nilai dan kebijaksanaan yang dianut manusia.
Ide-ide yang diturunkan atau primordial images disebut sebagai archetype. Terbentuk dari pengalaman yang berulang dalam kurun waktu yang lama. Ada beberapa archetype mendasar pada manusia, yaitu persona, anima, shadow, self. Archetype inilah yang menjadi isi collective unconsciousness.
B. Stuktur kepribadian
Psyche adalah keseluruhan fikiran,perasaan,tingkah laku,kesadaran dan ketidaksadaran. Struktur kepribadian menurut Jung dibagi menjadi 3
1. CONSCIUSNESS(kesadaran) Dan Ego
Muncul pada awal kehidupan ,bahkan mungkin sebelum dilahirkan .Hasil pertama proses diferensiasi kesadaran adalah ego,ego berperan penting dalam menentukan persepsi,fikiran,perasaan dan ingatan yang bisa masuk kedalam kesadaran.
2. PERSONAL UNCONSCIOUS(Kesadaran Pribadi)
Pengalaman yang tidak disetujui ego untuk muncul kepada kesadaran tidak hilang tetapi disimpan dalam personal unconscious.Personal unconscious berisikan pengalaman pengalaman yang ditekan,dilupakan,dan yang gagal menimbulkan kesan sadar.
3. COLLECTIVE UNCONSCIOUS(Taksadar Pribadi)
Konsep asli Jung yang paling controversial,merupakan suatu system psikis yang paling kuat dan paling berpengaruh pada kasus kasus patologik yamg mengungguli ego dan ketidaksadaran pribadi.Isi utama dari ketidaksadaran kolektif adalah arsetip yang dapat muncul ke kesadaran dalam wujud simbolisasi.
Collective unconscious merupakan kesadaran yang bersifat universal diantaranya:
1. Arsetip(ARCHETYPE)
Berisi image dan bentuk pikiran yang banyaknya tak terbatas,dan juga image dan bentuk pikiran yang muatan emosinya besar.
2. Persona(PUBLIC PERSONALITY)
Kepribadian public,aspek aspek pribadi yang ditunjukkan kepada dunia atau pendapat public mengenai diri individu sebagai lawan dari kepribadian privat yang berada di balik wajah sosial.
3. Anima dan Animus
Manusia adalah biseks.Arsetip feminin dalam kepribadian pria disebut Anima.Arsetip maskulin dalam kepribadian wanita disebut Animus.
4. Shadow
Arsetip yang mencerminkan insting kebinatangan yang diwarisi manusia dari evolusi makhluk tingkat rendahnya.jadi shadow(bayangan) adalah sisi binatang dalam kepribadian manusia ,arsetip yang sangat kuat dan berpotensi menimbulkan bahaya.
D. Tipologi Young
Tipologi Young terbagi atas:
a. Introversion-thingking
Orang yang dengansikapa introver ddan fungsi thingking yang dominan biasanya tidak memeiliki emos dan tidak ramah kepada orang lain, kurang bisa bergaul dan mereka kecenderungan berprilaku abstark .
b. Ekstra version –thingking
Orang yang dengan sikap ekstrover denagan fungsi thingking yang dominan adalah ilmuan dan peneliti mereka memiliki kecenderungan untuk muncul seorang diri, dingin dan sombong.
c. Introvension- feeling
Orang ini berpengalaman dalam emosi yang kuat tetapi merasa menurutupinya eks: seniman, pelukis dll.
d. Ektravesion- feeling
Pada orang yang bersikap ektaraversior dan fung si feling yang dominan perasan dapat berubah. Eks : actor
e. Introversior- sensation
Orang ini cennderung tenggelam dalam sensasi fisik
f. Extravension- sensasion
Orang dengan tipe businessman.
g. Introversion –intuinting
Pemimpin peramal dan orang aneh biasanya adah orang yang bersikap intover dan fungsi intuitif yang dominan.
h. Ekstraversion- intuiting
Penemu dan penusaha biasanya memiliki sikap extover dan fungsi intuitif yang dominan. Mereka adalah orang yang selalu mencari sesuatu baru.

TAHAPAN PERKEMBANGAN JUNG
1. CHILDHOOD(Usia Muda)→ usia lahir hingga remaja
Orientasi dasar perilaku pada seksualitas,pertahanan diri dan insting.
2. YOUNG ADULTHOOD(Usia Pertengahan)→ Pubertas sampai usia pertengahan
Orientasi dasar perilaku pada pernikahan,bekerja dan berkeluarga.
3. MIDDLE AGE(usia pertengahan)→ 35-40 thn
Puncak perkembangan sudah lewat,tetapi periode ini justru ditandai dengan aktualisasi potensi yang sangat bervariasi.Orientasinya pada pencarian makna hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

Saya Berharap Komentar/ kritik yang membangun oleh Rekan-rekan yang mengunjungi blog ini, Agar dapat lebih baik. Terimakasih

Silahkan Comments disini Gan

 
Design by Rahmat Ha Pe | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India