blog-indonesia.com

12 Jul 2012

Cara Bersepeda Dalam Rombongan

Barusan nemu artikel dari tetangga sebelah... Bersepeda haruslah rapi, teratur, dan dapat memberikan ruang bagi kendaraan lain. Ada baiknya hal ini menjadi barometer kita semua saat mengikuti atau melakukan kegiatan bersepeda dalam rombongan besar.


Sejumlah etika perlu diperhatikan :

- Hargailah kendaraan lain, jangan mentang-mentang karena berbanyak bisa se-enaknya sendiri. Berikan jalan apabila memang kendaraan lain melaju lebih cepat.- Selalu menjaga jarak antara sesama pengendara, baik antara teman rombongan dan kendaraan lain diluar rombongan- Ikuti aba-aba atau petunjuk dari captain atau orang yang didepan dan teruskan ke anggota dibelakang anda apabila masih ada teman yang dibelakang anda. - Captain harus bertanggung jawab terhadap anggotanya, pikirkan bagaimana keselamatan dan jalannya rombongan.- Ada seorang sweeper (biasanya yang bisa melaju cepat) membawa peralatan lengkap dan dapat menjaga anggota rombongan.- Apabila rombongan terlalu besar dapat dipecah menjadi beberapa kelompok.- Patuhilah rambu-rambu dan peraturan lalu lintas.- Jangan segan-segan memperingatkan teman bahkan captain jika melakukan hal yang dapat membahayakan keutuhan rombongan maupun pengguna jalan yang lain.

Tata cara berjalan dalam rombongan :

- Berjalan di jalur yang benar atau ikuti rombongan paling depan (captain)- Buatlah barisan yang rapi sesuai aba-aba dari barisan depan ato captain, 1-1, 2-2, ato 3-3.- Bentuk dari formasi tersebut : 
tatacara bertombongan

tujuannya tidak berjajar agar dapat mengawasi keadaan jalan yang dilalui 

- Aba-aba dari captain atau rombongan depan :
Aba-aba Captain rombongan
Tambahan:
Lurus : tangan menunjuk keatas
Mau braking : telunjuk menunjuk ke bawah
Belok : selain dengan mengacungkan tangan pada sisi belok, karena kadang orang tidak terbiasa melepas stang pada sisi tangan yang untuk belok, maka bisa dengan lengan berlawanan dengan membengkokkan siku dan tangan menunjuk ke atas seperti huruf L(Acuan : peraturan baku di AS)

Sumber : KASKUS

0 komentar:

Posting Komentar

Saya Berharap Komentar/ kritik yang membangun oleh Rekan-rekan yang mengunjungi blog ini, Agar dapat lebih baik. Terimakasih

Silahkan Comments disini Gan

 
Design by Rahmat Ha Pe | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India