blog-indonesia.com

12 Nov 2009

Sosiometri

Sosiometri
BAB I
LANDASAN TEORI

Sosiometri adalah suatu metode untuk mengumpulkan data-data tentang pola dan struktur hubungan antara individu dalam suatu kelompok. Metode ini memegang peranan penting dalam pengukuran hubungan sosial dan metode sosiometri ini mencoba untuk menentukan individu dalam situasi dimana mereka secara spontan mengungkapkan hubungannya.
Sosiometri terbagi atas beberapa tipe, diantaranya;
1. Tipe Normatif
Pada tipe ini akan diungkapkan siapa yang paling disenangi dalam setiap kelompok dan yang tidak disenangi.
2. Tipe Skala Bertingkat
Tipe ini akan mengungkapkan siapa yang paling dekat dan paling jauh. Dalam tipe ini disusun beberapa pertanyaan sistematis yang berisi tentang hubungan individu-individu. Individu tersebut diminta untuk mengisi salah satu nama temannya dan pertanyaan statemen tersebut dimulai dari teman mana yang paling dekat sampai teman yang paling jauh hubungannya
3. Tipe Siapa Dia
Tipe ini berfungsi untuk mengungkapkan sifat-sifat individu dalam suatu kelompok. Dalam tipe ini disediakan sejumlah statemen yang mengungkapkan sifat yang positif dan sebagaian lagi mengungkapkan sifat yang negatif.
Dalam makalah ini penulis menerapkan salah satu tipe dari sosiometri yaitu tipe normatif, yaitu tipe sosimetri untuk mengungkapkan siapa yang disenangi atau tidak. Dalam tipe ini akan ditanya kepada setiap individu dalam suatu kelompok, siapa kawan yang disenangi atau tidak disenangi untuk di ajak melakukan suatu aktivitas tertentu. Dengan demikian akan terungkap dalam sebuah kelompok siapa yang menjadi star (paling disenangi) dan siapa yang terisolir atau tidak dipilih oleh siapapun.
BAB II
HASIL PENGAMATAN


Pada penelitian yang menggunakan instrumen sosimetri dengan tipe normatif ini penulis lakukan dalam sebuah kelompok bermain setingkat pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah Komplek Perumahan Vila Bukit Indah Kelurahan Koto Luar Pauh, Padang.
Bentuk hasil penelitian dengan instrumen sosiometri tersebut akan penulis sajikan dalam tabel, pola lingkaran, pola lajur dan pola bebas.


Daftar nama anggota kelompok bermain tersebut adalah
Nama Kode Nama
Niken Febrima Putri
Mutiara Nabila
Diana Rahma Dini
Dewi Sartika
Yola Permata Sari
Shylvi Yunitri Darman A
B
C
D
E
F

Dari hasil penggunaan sosiometri, maka didapat data berikut,
1. A memilih D
2. B memilih E
3. C memilih D
4. D memilih C
5. E memilih B
6. F memilih E



Dari data diatas, maka akan penulis jabarkan dalam bentuk tabel;
Yg dipilih

Yg memilih A B C D E F
A V
B V
C V
D V
E V
F V
Jumlah 0 1 1 2 2 0
Dari data yang terdapat dalam tabel diatas, maka sosiogram dapat dinyatakan dalam beberapa pola, diantaranya;
1. Pola Lingkaran
Jumlah lin
2. Pola Lajur

3. Pola Bebas

BAB III
ANALISIS PENELITIAN



Dari hasil penggunaan instrumentasi sosiometri dan pola yang ditunjukkan sosiogram, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa poin, diantaranya adalah;
1. Terdapat klik (kelompok kecil) didalam kelompok bermain tersebut, yang masing-masing klik mempunyai star (yang populer) sendiri. Kelompok kecil (klik) tersebut adalah A, C, D dengan D sebagai bintang (star) dan B, E, F dengan B sebagai bintang (star).
2. Dalam kelompok bermain tersebut ada individu yang terisolir, artinya tidak dipilih oleh siapapun dalam kelompoknya, individu yang terisolir tersebut adalah A dan F
3. Individu yang populer dalam kelompok ini terdiri dari 2 orang, artinya dalam kelompok bermain tersebut, mereka yang paling banyak disenangi untuk di ajak bermain, individu tersebut adalah B dan D.
4. Alasan mengapa hubungan antara individu dan pemilihan teman untuk diajak bermain umumnya sama antara individu dalam kelompok bermain ini, alasan yang umum dikemukakan adalah memilih teman tersebut karena baik dengan sesama anggota kelompok.

DAFTAR PUSTAKA

Kencana, Nur Wayan. 1990. Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional

0 komentar:

Posting Komentar

Saya Berharap Komentar/ kritik yang membangun oleh Rekan-rekan yang mengunjungi blog ini, Agar dapat lebih baik. Terimakasih

Silahkan Comments disini Gan

 
Design by Rahmat Ha Pe | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India