A. PENGERTIAN MORAL
Kata moral berasal dari bahas latin yaitu kata m os dan mores yang berarti kebiasan. Menurut Satloc dan Yunsan (1077) mengemukakan bahwa moral adalah kebiasan atau aturan yang harus dipatuhi dalam berinteraksi dengan orang lain.
B. PERKEMBANGAN MORAL
- Perkembangan moral menurutteori belajar sosial
Menurut teori ini perkembangan moral merupakan proses yang dipelajari selama proses interaksi sosial perseorangan dengan orang lain
Remaja akan berkembang moral dan baik apabila dalam sejarah kehidupan ia dapat meniru orang lain dilingkungannya.
- Perkembangan moral menurut teori kognitif
Jean Piaget menekankan bahwa perrkembangan kognitif erat kaitanya dengan perkembangan moral remaja tergantung dengan perkembangan konitif. Piaget berpendapat bahwa trdapat hubungan yang sejajar antara perkembangan mral dengan perkembangan kognitif
Hubungan perkembangan moral dan kognitif
Perkembangan kognitif Perkembangan moral
Periode sensorik motorik Belum punya konsep tentang moral
Periode praoperasional Payuh atau taat pada peraturan karena ada hukum yang mengatur
Pra operasional kongrit awal Secaraberlangsung menyesuaikan diri dengan norma yang belaku
Periode operasional kongrit Mulai memahami motivasi bertingkah sesuai dengan aturan
Periode operasional awal Sudah memahami menyesuaikan tindakan dengan norma yangberlaku.
Periode operasional formal Sudah memahami pentingnya menyesuaikan tindakan dengan norma yang berlaku.
C. Tahap Perkembangan Moral
1. Tingkat promalitas
- Periode O
Pada tingkat ini pemahaman anak tentang baik&buruk, benar dan salah ditentukan oleh akibat fisik yang oleh itu seperti hukuman.
- Periode 1
- Suatu tingkah laku dianggap bermoral bagi anak kalau tingkah laku untuk mengikuti kemauan orang berkuasa seperti orang tua dan guru yang mendapatkan penghargaan fisik
- Periode 2
Agar memahami tingkah laku benar atau tidak tergantung kepada tingkah laku memuaskan atau menimbulkan kenikmatan diri sendiri.
2. Moralitas diangap kesamaan peranan dan biasa.
a. Periode 3
Anak memahami tingkah laku moral adalah mengetahui aturan yang telah ditetapkan olehorang dewasa.
b. Pada tahap ini ditandai dengan pemahaman anak bahwa tingkah laku yang baik atau yang benar adalah mengatasi aturan dan hokum yang telah ditetapkan bersama dengan menguasai kehidupan.
3. Moralitas dengan penerimaan prinsip-prinsip moral.
a. Periode 5
Anak mulai memahami nilai moral dan prinsip moral merupakan standar kebutuhan yang benar dan terdapat terjadi pertentangan dengan apa saja yang terjadi/ diterima oleh masyarakat.
b. Periode 6
Periode ini merupakan pengukuhan yang mendalam tentang prinsi-prinsip kebenaran yang abstrak dan universal.
Sumber:
Tim Pembina mata kuliah PPD. 2007. Perkembanagn Peserta Didik. Padang
0 komentar:
Posting Komentar
Saya Berharap Komentar/ kritik yang membangun oleh Rekan-rekan yang mengunjungi blog ini, Agar dapat lebih baik. Terimakasih