blog-indonesia.com

17 Nov 2009

PERKEMBANGAN DEWASA PERTENGAHAN

A. Masa berprestasi pada usia madya.
Menurut Ericson (Hulcock, 1980, hal 322 edisi ke 5). Usia madya merupakan masa krisis dimana “generasifitas” kecenderungan untuk menghasilkan- maupun stagnasis –kecenderungan untuk tetap berhenti akan dominan, menurut Ericson pada usia madya, orang akan menjadi lebih sukses atau seballiknya mereka berhentu atau tdak mengerrjakan apapun lagi. Orang berusia madya mempunyai kemauan yang kuat untuk berhasil, mereka akan mencapai puncaknya pada usia ini dan memungut hasil dari masa-masa persiapan dan kerja keras yang dilakukan sebelumnya.
Usia madya seyogyanya menjadi masa tidak hanya untuk keberhasilan keuangan sosial, tetapi uga untuk kekuasaan dan prestise. Biasanya pria meraih puncak karirnya mereka antara usia 40- 50 tahun, yaitu setelah mereka puas dengann hasil yang diperoleh dan menikmati hasil dari kesuksesan mereka mencapai awal usia 60an, yaitu ketika mereka dianggap terlalu tua dan biasanya mewasirkan pekerjaannya kepada karyawan yang lebih muda dan lebih kuat.
Usia madya merupakan masa dimana peran kepemimpinan pada pria dan wanita dalam pekerjaan, perindustrian, dan organisas masyarakat yang merupakan imbalan atas prestasi yang dicapai.
Heurgarten (Hurlock, 1980 hal 323 edisi 5) menerangkan sikap ini sebagai bagian orang yang berusia madya: “keberhasilan orang usia madya seringkali menunjukan dirinya sebagai orang yang tidak dikemudiakn lagi, tetapi sebagai pengemudi singkatnya , “pemberi perintah” ”
Pada dalam usia setengah baya pernah diungkapkan oleh A. A Wener dalam karanganya yang berjudul “sex Behavior and problema of the climaclenic” (dalam Mappire, Andi. 1983, hal 187)” ditekankan bahwa pada usia 40 tahun bagi orang-orang normal lebih memiliki pengalaman sehingga mereka memiliki sikap pasti atau nilai-nilai tentang hubungan sosial yang berkembang secara baik.
Dalam hal ini Hurlock (dalam Mappare. Andi, 1983, hal:1987) berpendapat bahwa apa yang dapat dicapai ini, tidak hanya sukses dalamhal keuangan dan sosial, tetapi juga dalam hal kekuasaandan prestise.
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pencapaian prestasi puncak itu tentu saja ada, sehingga terdapat pila fariasi cepat atau lambatnya dicapai puncak prestasinya tersebut variasi itu dipengaruhi kegiatan dan kesempatan khususnya relasi-relasi sosial.
Penelitian terrhadap sekelompok ahli psikologi oleh Lehman (1966) dalam Mappere. Andi 1983. Hal 187) menunjukan bahwa presentase terbesar dari pencapaian prestasi puncak kelompok ini berbeda antara 20-35 tahun. Ini berarti bahwa kelompok para ahli psikologi itu sebagian besarnya cepat mencapai puncak prestasinya akibat kreativitas mereka.
Usia setengah baya merupakan masa yang penuh peluang untuk prestasi bagi individu, yang walaupun dalam banyak hal, terdapat variasi yang dapat dicapai oleh masing-masing individu dan kecepatan individu dalam mencapai prestasi tersebut.
B. Penyesuaian moral sosial
Pola kegiatan sosial dalam usia madya dipengaruhi oleh status kelas sosial seseorang. Maka yang status sosial ekonominya akan lebih efektif pada masa usia tersebut dibandingkan dengan mereka yang berstatus ekonomi rendah., dimana sebagai besar dari mereka tidak termasuk kedalam kelompok sosial manapun, jarang hadir dalam berbagai pertemuan dalam kelompok sosial manapun. Jarang hadir dalam berbagai pertemuan yang dikatakan oleh Packard bahwa mereka sedang memasuki periode isolasi sosial (dalam Hurlock, 1980. Edisi ke 5 hal 327)
Kegiatan sosial untuk orang yang berusia madya yang membedakan jenis kelamin sebagai prasyarat tidak resmi. Pria pada umumnya mempunyai lebih banyak teman dan kerabat, dan wanita mempunyai hubungan yang lebih dekat dengan teman-temanya sedangkan wanita ummumnya lebih banyak mencurahkan tenaga dan waktunya dalam kegiatan organisasi dimana mempunyai lebih banyak kontak sosial dengan keluarga dan saudaranya dari orang luar.
Janda dan pria yag sendiri karena cerai tidak diterima lagi dalam kegiatan sosial yang diikiuti oleh tetangga dangan tekan-rekanya. Sebagai pengantiu mereka sering diterimadengan kawan senasib
RUJUKAN
Hurlock, Elizabeth. B. 1980. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta Erlangga.
Mappire. Andi. 1983. Psikologi Dewasa. Surakarta : usaha nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

Saya Berharap Komentar/ kritik yang membangun oleh Rekan-rekan yang mengunjungi blog ini, Agar dapat lebih baik. Terimakasih

Silahkan Comments disini Gan

 
Design by Rahmat Ha Pe | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India