12 Nov 2009

PENGERTIAN DAN KEDUDUKAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN

A. Keterkaitan psikologi dan pendidikan
1. Pengertian psikologi dan pendidikan.
Secara umum psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku atau prilaku individu itu seendiri . dimana tingkah laku tersebut akan terliaha dari latar belakang dan pengalaman pengalaman individu ada bermacam-macam pengertian psikologi antara yang satu dengan yang lain berbeda yaitu dalam buku Drs. M. Dalyono. 2005 yaitu:
a. Psikologi dalah ilmu mengenai kehidupan mental (the selenee of mental life)
b. Psikologi adalah ilmu mengenai fikiran (the science of mind)
c. Psikologi adalah ilmu mengenai tingkah laku (the science of bahavior)
menurut crow and crow memberikan batasan tentang psikologi sebagai berikut:
“psychology is the study of human behaviore an human relationship”
Dari pernyatan tersebut bahwa yang dipelajari oleh psikologi adalah tingkah laku manusia yakni manusia dengan dunia sekitar.
Adapun mengenai pendidikan berasal dari kata didik mendapat awalan “me” seehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberikan latihan. Dalam memelihara atau member latihan diperlukan adanya adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan menurut kamus bahasa Indonesia adalah proses pengubahan sikap dan tingkahlaku seseorang dalam sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya mengajar.
Jadi psikologi pendidikan adalah sebuah sub disiplin ilmu psikologiyang berkaitan dengan teori-teori dann masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal seebagai berikut:
1. Penerapan prinsip belajar dikelas.
2. Pengembangan dan pembaharuan kurikulum.
3. Ujian dan evaluasi bakat kemampuan
4. Sosialisasi proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif.
5. Penyelengaraan pendidikan keguruan.
Jadi kita dapat menarik kesimpula bahwa keterkaitan psikologi degan pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku individu dimana tngkah laku individu terrsebut akan dibimbing dan diarahkan dalam proses pendidikan, contohnya belajar pembelajaran
Karena psikologi pendidikan adalah ilmu yang memusatkan dirinya pada penemuan dan penerapan prinsip-prinsip dann teknik psikologi kedalam pendidikan maka dlamruang lingkup psikologi pendidikan mencakup topic psikologi yang erat hubunganya dngan pendidikan.
2. Pengertian pendidikan dan belajar
1. Pendidikan adalah bahwa dalam pasal I ayat I UU NO20/ 2003: SPN yang berbunyi bahwa pendidikan adlah usaha sadar dan terencana untuk mewudakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara efektif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat.
2. Menurut Drikarya mengemukakan ada 3 rumusan yang masing-masing rumusan itu berdasarkan aspek-aspek yang melatar belakangi pemikirannya yaitu:
a. Rumusan pertama; pemanusian dimana pendidik adann anak didik memanusiakan diri.
b. Rumusa kedua; memasukan anak keddalam akr budaya.
c. Rumusan ke tiga bahwa nilai-nilai hidup manusia pada prinsipnya melaksanakan nilai-nilai
3. Menurut Khihajar dewantara
Pendidikan adalah daya upapa untuk memajukan pertumbuhanya budi pekerti, pikiran, dan taman siswa, tidak dapat dipisah-pisahkan dibahagian-bahagian itu agar supaya kita memajukan kesempurnaan hidup, kehidupan dan penghidupan anak, yang kita didik selaras dengan dunianya.


3.Belajar
Belajar adalah usaha untuk menguasai sesuatu yang baru dengan mengunakan berbagai cara atau proses. Pengertian lain mengatakan bahwa belajar adalah key tem yang paling fital dalamusaha pendidikan, sehingga tanpa belajar yang sesunguhnya tidak pernah ada pendidkan.
Belajar juga memainkan peranan penting dalam mempertahankan kehidupan seekelompok umat manusia ditengah perrsaingan manusia yang semakin ketat.
Ditinjau dari tujuan belajar belajar adalah:
a. Mengadakan perubahan didalam diri antara laintingkah laku
b. Mengubah kebiasaan diri yang buruk menjadi baik
c. Dapat merubah keterampilan.
d. Menambah pengetahuan dalam berbagai ilmu.
Proses dan fase belajar terdiri dari:
1. Fase motivasi.
2. Fase konsentrasi.
3. Fase mengolah.
4. Fase dimasukan dalam ingatan.
5. Fase mengenali dlam ingatan.
6. Fase generalisasi.
7. Fase memberikan perstasi.
8. Fase umpan balik

0 komentar:

Poskan Komentar

Saya Berharap Komentar/ kritik yang membangun oleh Rekan-rekan yang mengunjungi blog ini, Agar dapat lebih baik. Terimakasih

Silahkan Comments disini Gan

Kabar Anda Hari Ini

Loading...

 
Design by Rahmat Ha Pe | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India